Sedikit Tapi Banyak



assalamualaikum sahabat muslim c:

nah, sesuatu yang sedikit tapi jadi banyak kira kira itu apa yo???
mmmm ...
kawan, itu adalah amalan yang kecil tapi rutin dalam melakukannya ....
nah, sadar ato tidak, terkadang kita melakukan amalan yang besar tapi tidak bertahan lama..
iya apa iya?
akuilah, karena ana pun mengalaminya
ana itu klo udah semangat, semangaaat bgt, rasanya semua amal dari yg wajib sampe yg sunnah pengen di kerjain, tapi futur (red-turun iman) juga cepet ...
yang kaya gitu g boleh di contoh yah :)
dalam suatu hadist di katakan :
Aisyah r.a berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w : jika ngantuk salah seorang kamu dalam sembahyang, hendaknya tidur sehingga hilang rasa ngantuknya. sesungguhnya jika seseorang sembahyang dengan ngantuk, tidak tahu mungkia ia dapat membaca istigfar, lalu ngelindur mengumpat dirinya sendiri (Bukhari, Muslim)

nah kawan, udah jelas kan ... Rasul aja ngelarang kita sholat saat kita merem melek (red-ngantuk), ntr sholatnya jadi g khusuk lagi, yang tadinya sujud eh malah mimpi (pengalaman nih :p, astagfirullah )
tapi bukan berarti tahajudnya di tinggal yah, memang waktu tahajud itu waktu yang paling enak buat tidur, tapi kalo kita berhasil buat diri kita g ngantuk lagi trus wudhu+sholat tahajud , nah itu baru manusia jempolan, tapi jgn lupa luruskan niat yah ...
^.^
dalam hadist lain jg diakatakan :
Abu Abdullah (Djabir) bin Samura r.a berkata : saya telah bersembahyang bersama Rasulullah s.a.w maka sembahyangnya sedang, dan khutbahnya juga sedang sedang (Muslim)
..
kawan, Rasulullah yang mulia dan paling ganteng sedunia aja ibadahnya ga berlebihan , masa kita yang penuh dosa mau berlebihan, bukankah sesuatu yg berlebihan itu g baik ya? kekurangan juga g baik, jadi santai aja lagi ... maksudnya jgn berlebihan kalo ibadah ..
bahkan dalam hadist lain juga di katakan :
Ibn Mas'ud berkata : Bersabda nabi s.a.w : Telah binasa orang orang yang berlebih lebihan dalam agama. diucapkan tiga kali (Muslim)
...
tuh, astagfirullah... hadist ini jelas banget kalo Rasul melarang kita berlebih lebihan jadi sesemangat apapun kita, jgn sampe semangat kita malah jadi malapetaka yah, maksudnya jgn sampe kita berlebih lebihan dalam ibadah ...cukup ibadah yang sedang sedang aja tapi rutin, jadi klo seandainya futur, futrnya pun g terlalu jauh ...
oke?
Allah lebih mencintai amalan yang sedkit tapi continue ...
ya Allah jadikan kami sebagai hamba kesayanganMu...
amiin ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuhentikan Hujan

Hati yang Hampa

Resensi Buku: Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai