Pos

Perempuan 2#

Sebagian dirawat, menjadi hiasan
Sebagian umbuh liar di jalanan
Sebagian diperbanyak di perkebunan
Sebagian tumbuh menyendiridi tempat tak terjamah, menjadi barang mewar
Sebagian langka, dilindungi dalam marga satwa

obat, hiasan, atau pelajaran

Betapapun berbeda peran
Bunga tetap sama, menghias dunia
Tanpa bunga, bumi hanya hamparan hijau tak berwarna

Perempuan, adalah bunga yang berjiwa

Isyarat

Budak dipukul dengan tongkat sedangkan yang merdeka, dengan isyarat
Anyone feels sfamiliar with those words? Yap, itu adalah pepatah arab yang cukup terkenal dan nasihat andalan saya untuk diri sendiri.

Adakalanya seseorang baru tersadar setelah ia merasa kehilangan, setelah ia merasa di tampar, setelah ia mendapat cobaan besar, setelah kerampokan, setelah ditinggal, dan hal-hal yang gamblang kesedihannya. 
Jika kita sering merasa seperti itu ketahuilah bahwa pepatah itu memberitahu kita bahwa mental kita masih mental budak. Baru bekerja jika dipecut dengan tongkat, baru mikir jika berada pada detik terakhir. Baru mau bergerak saat mata terbelalak. Layaknya orang-orang yang menyesela saat di padang Mahsyar.  Orang seperti ini, adalah orang-orang yang melalaikan dirinya, berleha-leha, menunda-nunda, dan meremehkan kesalahan/teguran kecil seakan tak memiliki makna. 
Sesaat mereka merasa merdeka dan berbahagia, dapat bersantai-santai dengan mudahnya, tapi hidup adalah guru. Ia akan menjad…

Menulis

Aku semakin sering menulis
Seorang laki-laki ganteng berkata,
menulis adalah aktifias mengisi waktu luang
Sementara gurunya berkata,
menulis adalah aktifitas sakral
Aku berkata,
menulis adalah untuk kehidupan dan hiburan
Mengandung sakral juga keisengan
Aku adalah teoritis pertengahan
Manusia moderat banyak so so an
Karya akan terbit
Menjadi abadi atau segera mati
Aku tak peduli
Menulis
Adalah sesuatu yang tak berhenti.
Sampai Penulisku
Mengukir kata tamat
Pada jiwa dan waktu.

Realita, antara Larut dan Menerima

Dunia, sebenernya sekarang saya lagi dikejar deadline tulisan ilmiah. Tapi berhubung sebentar lagi selesai dan saya masiih punya waktu untuk main, bolehlah ya, hehe.

 "Kalo buat anak-anak gaul wattpad pasti bakal komen gini teh: baguus, diksinya suka, alur ceritanya juga suka, tapi iyuh masa cowonya ga ganteng"
Gitu kata sahabat saya gaes.
Suatu ketika, saya sama sahabat saya lagi asik cecerita-an tentang kegiatan masing-masing, banyaklah, mulai dari perkembangannya, next project sampe nama pena. Terus di tengah-tengah ceria saya nyerita kalau saya punya draft novel tokoh utamanya ga ganteng, item dan cungkring (betewe tulisan yang ini ga tau bakal diterusin atau engga, berhubung saya sedang memasuki masa tenggang dengan dunia fiksi). 
Terus dia meramalkan bahwa kalau tulisan saya yang itu naik cetak, nanti komen orang-orang bakal kaya gitu.
Saya jad inget, tulisan saya pernah di reject sama penerbit favorit saya, katanya tulisan yang bagus, tapi belum sesuai dengan sele…

Review Buku: Taman Orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu

Sebuah buku tertumpuk buku lainnya. Aku tahu, aku punya judul itu. Tapi, sudah tiga tahun, sejak aku membawanya ke kamar tiga kali dua, tak sekalipun aku membukanya.

Sampai suatu ketika, ketika kepenatan telah sampai puncak kepala. Saat lelah berada di titik kulminasi. Akhirnya buku itu dibuka juga. Judulnya:
Taman Orang-orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu
Asik.


Dari judulnya a udah galau banget, ya ga si? Eits, tapi inget kata pepatah, don jedebak jedebuk by its koper, artinya, jangan menilai buku dari covernya. Iya kan, hehe

Intinya, atas nama cape baca yang super serius terus, saya buka-lah buku itu. Jangan salah loh, saya punya buku itu karena yang nulisnya adalah salah satu tokoh pergerakan yang berpengaruh :
Ibnul Qoyyim Al Juauziyah.

Saya juga kaget, di tengah karyanya lainnya yang serius mengupas tuntas pergerakan, rupanya beliau punya sisi lain yang berbeda. Aih...

Em, buku ini tidak saya rekomendasikan untuk para laki-laki. Saya tahu dan tempe bahwa kalian punya imajin…

Perjodohan bukan Bahan Bercanda

Gini.

Ini bukan kisah saya, tapi kisah orang yang saya sayang.
Bisa-bisanya, aslinya saya marah.

Jadi dia dipasangin. dia kepikiran.
Ternyata, ga jadi.
Dan orang itu udah punya calon lain

Saya marah.
Harusnya, kalau mau masangin orang itu mikir dulu
Direncanain dulu
Jangan terbawa suasana
Jangan asal nyeplos
Kalian ga tau kan, apa yang terjadi kalau seorang perempuan udah kepikiran?
Makanya, kalau kalian ga tau, jangan asal.

Perjodohan buat perempuan itu sensitif
Pakai hati
Kalau belum fix, jangan diobrolin

Dia kepikiran
Dia sedih
Dia patah
Gara gara kalian bercanda sembarangan

Kalau ini terjadi pada saya si ga masalah
Saya mah bodo amat orangnya
Tapi jangan sama orang disekitar saya

Mungkin buat kalian lucu
Karena kalian ga kepikiran
Karena kalian ga patah
Tapi bukan berarti itu lucu

Kalian memang lebih tua
Punya wewenang
Saya harus hormat
Memang saya hormat
Tapi bukan bercandain perjodohan
Bukan

Hadistnya kan jelas.
Di dunia ini ada tiga hal yang bukan bahan bercandaan
Salah sat…